Selasa, 14 Februari 2012

Makna Valentine

Makna Valentine

Penulis : AMSONI S
Selasa, 14 Februari 2012, Dibaca : 3418 kali | Dicetak : 102 kali



Konon di Jepang, pernah ada tradisi membuang orang yang sudah tua ke hutan. Mereka yang dibuang adalah orang tua yang sudah tidak berdaya dan tidak bisa menghasilkan apa-apa lagi, sehingga tidak memberatkan kehidupan anak-anaknya.
Pada suatu hari, ada seorang pemuda berniat membuang ibunya ke hutan, karena sang ibu telah lumpuh dan mulai pikun sehingga dianggap menjadi beban buat kehidupannya. Pagi-pagi sekali, ia tampak bergegas menyusuri hutan sambil menggendong ibunya. Si ibu yang kelihatan tak berdaya berusaha menggapai setiap ranting pohon yang bisa diraihnya dan mematahkannya, kemudian menaburkannya di sepanjang jalan yang mereka lalui.

Ketika keduanya tiba di tengah-tengah hutan yang sangat lebat, si anak menurunkan ibunya dan mengucapkan kata perpisahan sambil berusaha menahan rasa sedih. Ia tak menyangka, dirinya sanggup melakukan perbuatan ini.

Justru si ibu yang tampak tegar. Sambil tersenyum, dia berkata, "Anakku, aku sangat menyayangimu. Dari kau kecil sampai dewasa, aku selalu merawatmu dengan segenap cintaku. Bahkan sampai hari ini, rasa sayangku tidak berkurang sedikitpun. Nak, tadi aku sudah menandai sepanjang jalan yang kita lewati dengan ranting-ranting kayu. Aku takut kau tersesat. Nah sekarang, ikutilah tanda itu agar kau selamat sampai di rumah."

Setelah mendengar kata-kata tersebut, si anak menangis dengan sangat keras. Kemudian, ia langsung memeluk ibunya dan kembali menggendong untuk membawa sang ibu pulang ker umah. Pemuda tersebut akhirnya merawat ibu yang sangat mengasihinya hingga akhir hayatnya.

Pesan Moral




Orangtua bukan barang rongsokan yang bisa dibuang atau diabaikan setelah terlihat tidak berdaya. Sedari muda, mereka telah bekerja keras untuk menghidupi dan memberikan pendidikan yang layak bagi kita, anak-anaknya.

Sebelum terlambat, cintai dan sayangi ayah dan ibu kita sampai ajal menjemput. Ingat, tanpa mereka tentunya kita tak kan ada di dunia ini. Jangan biarkan mereka meninggal dalam kesendirian, sambil merindukan perhatian dan kasih sayang dari orang-orang yang mereka kasihi. Itulah Valentine :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SELAMAT NATAL IBU, TAHUN INI AKU TIDAK PULANG

Aku merenung sejenak menatap lampu jalanan yang sudah mulai menyala. Ku susuri perlahan trotoar berdebu itu dengan perlahan tanpa berniat un...